-->

Tips dasar SEO blogger pemula

Tips seo dasar blogger pemula

Sebagai seorang blogger tentu kita berharap agar postingan cepat terindeks untuk itu bagi anda blogger pemula harus memahami dulu tentang apa dan bagaimana fungsi SEO.
Jika anda sudah memahami hal tersebut barulah anda memulai ke langkah-langkah untuk mengoptimalkan SEO. Setelah hal itu anda pahami maka akan sangat mudah bagi anda supaya postingan anda ramah mesin telusur dan bisa cepat terindeks mesin telusur dan halaman anda bisa menjadi top rank.

Bagi anda blogger pemula inilah hal dasar yang perlu anda ketahui untuk meningkatkan kualitas seo postingan anda.

Search Engine Optimization (SEO)
Hal pertama yang perlu diingat adalah:
Bagaimana cara kita untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas dan juga banyak di cari. Setelah anda mempunyai bahan artikel anda bisa mengoptimalkan artikel anda denga langkah barikut:

Mengoptimalkan format judul

Permalink atau tautan permanen berperan penting dalam peringkat mesin pencari, Ada beberapa aturan yang harus diikuti:

  • Jumlah karakter dalam judul posting tidak boleh melebihi 50 karaktet
  • Hapus Kata mati dalam permalink.

Saat menulis posting blog, Anda mendapatkan pilihan di panel kanan Anda untuk tetap mengaktifkan permalink atau permalink manual. Cukup pilih permalink manual dan edit sesuai keinginan anda.

Mempertahankan kepadatan kata kunci 

Kepadatan kata kunci merupakan aspek penting untuk rangking yang lebih baik. Terlalu sedikit akan menyebabkan peringkat kurang dan isian Kata Kunci Anda akan menyebabkan lebih dari optimasi. Anda dapat memilih kepadatan kata kunci untuk SEO blog anda,
Publikasikan artikel yang relevan dengan judul posting dan sertakan kata kunci yang diperlukan di pos. Jangan pernah memasukkan kata kunci untuk memanipulasi search engine. Tapi setelah selesai menulis, Anda bisa menganalisis keseluruhan postingan untuk mengetahui lokasi yang sesuai dimana kata kunci bisa dimasukkan dengan aman tanpa mengganggu pembaca.

Membuat label yang tepat

Label menambah kepadatan kata kunci dari pos. Label harus diperlebar daripada memasukkannya ke dalam kategori sempit tunggal. Saya akan menjelaskan hal ini dengan sebuah contoh:
Anda posting tentang Google Chrome dan memasukkannya ke label dalam perangkat lunak atau browser Windows. Di sini Anda akan kehilangan kata kunci seperti browser Chrome, Google chrome, dsb.
Label juga berpengaruh pada widget posting terkait. Dan jika ada begitu banyak tulisan yang ditandai dengan label serupa, itu akan mempengaruhi penataan artikel di posting terkait.

Format judul posting Blogger 

Ketika kita berbicara tentang Blog SEO, judul posting mempunyai peran utama. Judul posting Blog biasanya di ikuti dengan judul home page. dan ini akan merugikan keramahan SEO dari judul artikel.
Anda bisa lakukan langkah ini untuk mengoptimalkan judul dalam searc engine.
Dalam mode edit templat cari kode berikut:

<title><data:blog.pagetitle/></title>

Ganti dengan kode

<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Format gambar

Cara mengoptimalkan gambar untuk SEO dan dasar pengoptimalan gambar adalah dengan menambahkan tag alt dan tag judul di setiap gambar.

Berikan meta tag 

Meta tag yang berada dalam tag HTML digunakan search engine untuk mengidentifikasi judul, deskripsi, dan rincian URL lainnya. Meta tag tersebut tidak memiliki banyak pengaruh pada pencarian seperti sebelumnya, namun akan memberi dampak kecil pada kata kunci yang ditargetkan.
Memberi judul, deskripsi, dan teks footer yang baik, karna hal tersebut juga penting dalam optimasi search engine setiap blog.
Jika Anda menargetkan, beberapa kata kunci pastikan anda menyertakan kata kunci tersebut di lokasi meta tag tersebut.

Tautan eksternal Nofollow 

Nofollow adalah atribut HTML yang ditentukan pada hyperlink untuk memblokir keuntungan mesin pencari dari tautan eksternal di situs web. Di Blogger, Anda dapat memilih bagian HTML dari jendela pos dan menambahkan atribut rel = "nofollow" tepat setelah URL itu akan mencegah mesin pencari merayapi tautan dqlam atribut tersebut.

Format bagian komentar 

Bagian Komentar seharusnya tidak diikuti dan dimoderasi, untuk menghindari adanya komentar spam. Untuk menghindari spam anda bisa memasukkan kata kunci posting saat anda membalas komentar pembaca. Ini juga akan menambahkan kepadatan kata kunci. Anda bisa mengaktifkan komentar Google plus Karena Google telah mengintegrasikan bentuk komentar Google plus  dengan BlogSpot. Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan interaksi media sosial yang lebih tinggi dan berbagi untuk posting anda.


Itu adalah hal dasar yang bisa anda lakukan supaya postingan anda ramah mesin telusur.
Namun itu hanya secuil cara dari sekian banyak cara SEO, yang bisa BlogSeoKeren berikan, jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan jangan lupa subcibe blogseokeren di widget form berlangganan untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar